2
17

Sistem Pernapasan Hewan: Pengertia, Macam-Macamnya

definisi
Baca cepat Buka

Sistem pernapasan, juga dikenal sebagai sistem pernapasan, adalah sistem organ yang digunakan untuk pertukaran gas. Pada teman berkaki empat, sistem pernapasan biasanya terdiri dari tabung yang digunakan untuk mengangkut udara ke paru-paru, di mana pertukaran gas berlangsung. Membran menyedot udara masuk dan keluar. Variasi yang berbeda dari sistem pernapasan ditemukan pada berbagai jenis makhluk hidup.
Sistem pernapasan protozoa

Sistem-Pernapasan-Hewan-Pengertia-Macam-Macamnya

Protozoa adalah hewan bersel tunggal dan tidak memiliki organ pernapasan khusus. Pernapasan pada protozoa terjadi melalui proses penetrasi oksigen dan karbon dioksida melalui permukaan sel melalui difusi.

Sistem pernapasan invertebrata

1. Sistem pernapasan di Porifera

Dalam spons, air yang mengandung oksigen menembus melalui pori-pori tubuh (ostium) dan kemudian mencapai koanosit melalui difusi. Dalam mitokondria sel choanocyte, oksigen digunakan untuk memecah molekul organik menjadi molekul anorganik, melepaskan karbon dioksida. Karbon dioksida diangkut oleh air melalui spongocoel dan kemudian ke oskulum ke dalam mitokondria sel choanocyte.
2. Sistem pernapasan pada moluska

Hewan yang termasuk dalam suku moluska terdiri dari dua kelompok yaitu moluska darat dan moluska air. Moluska darat bernafas seperti siput dengan paru-paru. Sedangkan moluska air bernafas seperti kerang dengan insang.
Baca lebih lanjut: Kritik seni

3. Sistem pernapasan pada arthropoda

Filum Arthropoda terdiri dari 4 kelas, yaitu krustasea, myriapoda, arakhnida dan serangga. Crustacea (udang dan kepiting) bernapas dengan insang, myriapoda (kaki seribu dan luwings) bernapas melalui trakea, arakhnida (laba-laba dan kalajengking) bernapas dengan paru-paru buku, dan serangga (serangga) bernapas melalui trakea.
4. Sistem pernapasan pada coelenterata

Pernapasan pada coelenterata terdiri dari dua lapisan sel, lapisan luar dan lapisan dalam. Pertukaran gas berlangsung secara difusi dalam sel-sel di luar permukaan tubuh yang bersentuhan dengan air. Coelenterata memiliki alat pernapasan berupa lekukan jaringan yang disebut siphonoglifa.
5. Sistem pernapasan pada echinodermata

Hewan echinodernata seperti bintang laut, bulu babi dan teripang hidup di air laut. Echinodermata bernapas melalui insang kulit.

6. Sistem pernapasan pada cacing

Cacing tidak memiliki alat bantu pernapasan khusus. Oleh karena itu, oksigen harus berdifusi melalui kulit agar dapat masuk ke dalam kapiler darah. Karbon dioksida juga keluar melalui kulit. Jenis proses pernapasan ini dikenal sebagai pernapasan integumen. Cacing memiliki permukaan yang halus untuk menjaganya tetap lembab dan untuk memfasilitasi pertukaran gas.
Sistem pernapasan vertebrata

Sistem pernapasan pada ikan

Ikan merupakan hewan yang memiliki alat pernapasan berupa insang. Insang digunakan karena ikan hidup di air. Insang berada di sisi kanan dan kiri kepala. Namun, ada ikan Dipnoi yang bernafas dengan paru-paru. Pada beberapa spesies ikan, rongga insang memiliki perpanjangan ke atas yang disebut labirin, yang memiliki fungsi menyimpan udara sehingga ikan dapat hidup di air yang terdeoksigenasi. Insang juga dapat bertindak sebagai alat ekskresi dan transportasi garam.

Fase inspirasi dimulai dengan pembukaan mulut ikan. Kemudian air masuk ke rongga mulut. sehingga insang menutup air yang mengalir ke insang. Fase ekspirasi ikan terjadi saat mulut ikan tertutup. Air masuk melalui celah insang dan pertukaran gas terjadi di sana. Darah mengikat oksigen dan melepaskan karbon dioksida ke dalam air.
Baca lebih lanjut: Biota laut

Sistem pernapasan pada amfibi

Contoh hewan amfibi adalah katak. Amfibi adalah hewan yang dapat hidup di air dan di darat. Sehingga organ pernapasan berupa paru-paru, kulit dan insang. Katak, ketika masih larva, bernafas dengan insang luar. Selama berudu, katak bernapas dengan insang yang dalam. Katak dewasa bernafas dengan paru-paru dan kulitnya.

Paru-paru katak adalah dua kantung berdinding tipis dan elastis yang mengandung banyak kapiler darah dan terletak di rongga tubuh. Paru-paru dapat berkomunikasi dengan rongga mulut melalui apa yang disebut glotis. Kedua kantung paru-paru dihubungkan satu sama lain oleh bronkus pendek.

Saat katak bernafas, udara meningkat dan otot rahang bawah mengendur. Kontraksi sterno hyoideus, memungkinkan udara masuk ke rongga mulut. Udara masuk ke paru-paru dan terjadi pertukaran gas. Saat udara keluar, otot hyoid dan otot perut berkontraksi, menyebabkan rongga perut mengecil dan udara keluar melalui koane.

Sistem pernapasan reptil

Reptil memiliki alat pernapasan berupa paru-paru. Paru-paru reptil dikelilingi oleh rongga dada yang dilindungi oleh tulang rusuk. Reptil bersisik atau kering

 

Lihat Juga :

https://student.blog.dinus.ac.id/handay/kurva-penawaran/
https://blogs.uajy.ac.id/teknopendidikan/kantor-ketenagakerjaan/
http://blog.ub.ac.id/petrusarjuna/definisi-indeks-harga/
http://41914110003.blog.mercubuana.ac.id/repeater-definisi/
http://aldirenaldi.blog.institutpendidikan.ac.id/definisi-literasi-keuangan/
https://linda134.student.unidar.ac.id/2021/07/modem-adalah-definisi-fungsi-jenis-mode.html
https://syifa.student.ittelkom-pwt.ac.id/masalah-prioritas/
http://linux.blog.gunadarma.ac.id/2021/07/05/terapi-aktivitas-kelompok/
http://blog.isi-dps.ac.id/nyomanyudiawan/menanam-wortel-sejarah-konten-varietas-kondisi/
http://dewi_marisa12u.staff.ipb.ac.id/2021/07/04/trikoma-adalah/
http://blog.dinamika.ac.id/arya/2021/07/04/kurva-permintaan-elastisitas/
http://staff.unila.ac.id/siswantoro/investasi-adalah/
https://perpustakaan.unibabwi.ac.id/akuntansi-adalah-tujuan-fungsi-peran-prinsip-konsep/
https://blogs.itb.ac.id/blogbantuy/manajemen-proyek/
http://serisekarsari.bm.uma.ac.id/wanita-sholehah/
http://rosdiana.stkipdamsel.ac.id/teks-eksplanasi/
http://srijapri.mahasiswa.unimus.ac.id/kegiatan-ekonomi/
http://firman.blog.unas.ac.id/iptek-adalah/
https://www.beritasatu.com/digital/105253/ini-cara-penggunaan-kelebihan-dan-kekurangan-whatsapp-web
https://www.wartaekonomi.co.id/read349016/guys-catat-baik-baik-ini-cara-login-dan-logout-wa-web-yang-paling-benar