10
25

Puncak Suroloyo: Harga Tiket, Lokasi Legenda

Sebagian besar wilayah Kulon Progo merupakan kawasan perbukitan yang dikenal dengan sebutan Perbukitan Menoreh. Ada banyak atraksi di kawasan perbukitan ini. Salah satunya adalah Puncak Suroloyo.

Puncak Suroloyo: Harga Tiket, Lokasi Legenda

Tempat wisata ini menjadi andalan Kota Kulon Progo. Banyak wisatawan terutama wisatawan asing yang sering datang kesini karena penasaran dengan daya tarik tempat ini.

Puncak-Suroloyo-Harga-Tiket-Lokasi-Legenda

Misalnya, melihat Candi Borobudur dari puncak tertinggi bukit. Ini bisa menjadi cara baru untuk menikmati keindahan Borobudur yang menarik dan tidak biasa.
Sekilas tentang Puncak Suroloyo

Suroloyo adalah salah satu puncak tertinggi di jajaran perbukitan Menoreh. Di ketinggian 1.019 meter di atas permukaan laut, puncak ini merupakan tempat yang ideal untuk menikmati keindahan alam yang mengelilinginya.

Di tempat yang sama Anda juga bisa melihat puncak-puncak tertinggi Menoreh lainnya seperti Ayam Ayam, Kunir dan juga Gunung Trajumas.

Di dekatnya juga terdapat dua bukit yaitu Puncak Sariloyo dan Gunung Kendil yang juga sangat asri dan hijau.

Sedangkan puncak ini secara lokal berbatasan langsung dengan Kabupaten Magelang. Bahkan dapat dilihat bahwa sebagian besar wilayah Suroloyo termasuk dalam wilayah Kabupaten Magelang.
Tiket Masuk Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo, Magelang

Tempat wisata di Magelang dan sekitarnya termasuk tempat ini memang identik dengan label wisata yang murah tapi stylish.

Untuk memasuki kawasan Bukit Suroloyo, Anda hanya perlu menyiapkan pecahan kecil saja, karena harga tiketnya sangat murah.

Khusus wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi dikenakan biaya parkir yang besarnya juga tidak memberatkan.

Agar anda tidak penasaran dengan harga tiket dan biaya parkir di tempat wisata ini, berikut kami tambahkan informasinya :
Pembalasan Tarif
Tiket masuk Rp5.000/orang
Parkir motor Rp 2.000,00/unit
Parkir Rp 5,000.00/unit

Harga tiket di atas hanya berlaku untuk hari kerja (Senin-Jumat), sedangkan pada hari libur nasional dan akhir pekan (Sabtu-Minggu) harga tiket cenderung naik.

Namun, kami tidak dapat memberi tahu Anda tentang kenaikan harga tiket, karena kami sendiri belum menerima informasi apa pun dari manajemen. Namun, yang jelas kenaikan harga tiketnya tidak besar.
Objek wisata Puncak Suroloyo

Wisata Puncak Suroloyo

Banyak sekali objek wisata yang menjadi daya tarik wisata di tempat wisata ini saat ini. Dan berikut adalah beberapa daftar dan ulasan singkat:
Pemandangan Candi Borobudur dan “pagar” pegunungan

Dengan ketinggian lebih dari 1.000 meter di atas permukaan laut, tempat ini tentunya menjadi tujuan para wisatawan yang ingin melihat pesona alam Jogja dan Magelang.

Di puncak ini Anda bisa melihat keseluruhan visualisasi Candi Borobudur. Situs bersejarah ini akan terlihat semakin indah dengan efek awan yang menutupi beberapa bagian candi.
Tiga aula

Begitu sampai di puncak, tiga paviliun menunggu untuk menyambut Anda. Lokasi ketiga paviliun ini berada di tempat yang berbeda. Ada sebuah paviliun di bawah. Pendopo ini dikenal dengan nama Suroloyo Pendopo.

Sedikit lebih jauh adalah Pendopo Sariloyo dan di puncak tertinggi adalah pendopo lain yang disebut Pendopo Pertapaan Kaendran.
Pemandangan titik matahari terbit dan terbenam

Jika Dieng memiliki Bukit Sikunir, Menoreh memiliki Suroloyo dengan pemandangan matahari terbit dan terbenam yang sempurna.

Jauh lebih mudah untuk menyaksikan matahari terbit atau terbenam di belakang Merapi dari area puncak ini.
Kabut menyebabkan efek visual berasap

Jika kebanyakan orang tidak mengharapkan kabut, segalanya akan berbeda begitu Anda berada di puncak ini. Kondisi kawasan perbukitan yang berkabut bahkan menambah nilai estetika pada tempat-tempat tertentu.

Namun, dengan catatan bahwa nebula tersebut adalah nebula tipis, bukan nebula tebal, yang bisa menutupi semua jenis objek.
Situs Patung Bathara Guru

Tempat ini adalah situs patung suci Bathara Guru. Semua wisatawan yang datang ke sini harus menghormati kepercayaan penduduk setempat.

Sosok Bathara Guru adalah penjelmaan dewi Siwa dalam agama Hindu. Keberadaan patung keramat ini menjadikan puncak di Bukit Menoreh menjadi pusat ziarah bagi sebagian pengunjung.
Tendangan Tilas Sultan Agung

Konon tempat ini banyak menyumbangkan cerita mistis, yang kemudian menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggemar cerita mistis.

Salah satu mitos yang paling terkenal adalah puncak ini merupakan salah satu peninggalan orang terkenal, Sultan Agung Hanyokrokusumo.

Selain itu juga beredar cerita mitos lainnya yaitu tempat ini merupakan rumah bagi 4 tokoh Punokawan. Empat karakter dalam wayang ini merupakan simbol dari

LIHAT JUGA :

paket liburan keluarga

Rental Mobil Jogja