4
2

Persaingannya adalah: definisi, fungsi, jenis, efek, contoh

Definisi persaingan
Buka baca cepat

Persaingan adalah suatu pihak yang berusaha, berkompetisi dan melakukan sesuatu untuk mengalahkan pihak lain guna memperoleh kemenangan tertentu dan memperoleh apa yang diinginkannya. Dimana dalam persaingan tersebut bersifat pribadi atau kelompok. Misalnya, ribuan orang bersaing untuk diterima sebagai PNS. Adanya persaingan yang melibatkan kekerasan, ancaman dan juga keinginan untuk merugikan pihak lain disebut persaingan tidak sehat. Dalam hal ini, tindakan tersebut tidak lagi disebut persaingan, melainkan permusuhan atau pertengkaran. Namun, hasil sebuah kompetisi harus diterima dengan kepala dingin dan tanpa rasa kesal sedikitpun. Dalam sebuah kompetisi, setiap pihak yang bersaing harus sadar bahwa ada yang menang dan ada yang kalah.
Fungsi kompetitif

Persaingannya-adalah-definisi-fungsi-jenis-efek-contoh
Fitur-fitur kompetisi berikut ini meliputi:

Sebagai proses sosial dan untuk pembentukan interaksi dalam masyarakat. Ini mengatur cara untuk berbagi atau mendistribusikan komoditas terbatas di masyarakat.
Persaingan dapat mendorong dan merangsang individu dan kelompok untuk berkembang lebih jauh. Di sektor komersial, persaingan dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja.
Persaingan dapat memiliki kekuatan stimulasi dan impulsif yang terbatas. Seseorang yang telah memilih untuk tidak terlibat dalam bisnis persaingan tidak dapat lagi dibuat untuk bersaing.
Mendorong seseorang untuk memiliki keterampilan tertentu agar memiliki kompetensi sendiri yang berbeda dengan orang lain.
Tugasnya adalah menyaring orang-orang dengan keterampilan tertentu, seperti politisi, artis, dan pemuka agama.

Baca lebih lanjut: Arbitrase adalah

Jenis kompetisi

Ada beberapa jenis perlombaan diantaranya:
1. Persaingan itu bersifat pribadi

Intinya adalah persaingan ini terjadi ketika individu bersaing dengan satu atau lebih orang yang merupakan individu yang bersaing untuk sesuatu atau tujuan mereka.
2. Persaingan kelompok

Persaingan kelompok ini terjadi ketika dua atau lebih kelompok bersaing secara bebas satu sama lain tetapi memperjuangkan tujuan mereka.
3. Persaingan di dunia kehidupan

Secara umum, persaingan dapat terjadi di hampir semua bidang kehidupan kita, mis. B. dalam bisnis, pendidikan, politik dan budaya. Namun, kompetisi harus dilakukan dengan jujur, atletis, atau adil. Persaingan semacam itu dapat meningkatkan kinerja seseorang atau kelompok dalam masyarakat.
Bentuk kompetisi

Bentuk persaingan dalam masyarakat berikut ini meliputi:

Persaingan dalam perekonomian karena terbatasnya pasokan terkait dengan jumlah konsumen.
Persaingan di bidang budaya misalnya di bidang agama, atau lembaga sosial seperti pendidikan. Sebagai contoh, saat ini banyak sekolah swasta yang saling bersaing dengan mengembangkan metode pembelajaran tersendiri seperti all day school yaitu sekolah tempat kegiatan belajar mengajar dilakukan seharian penuh.
Persaingan untuk posisi atau peran tertentu dalam masyarakat. Posisi dan peran yang dikejar tergantung pada apa yang paling dihargai masyarakat pada suatu titik waktu tertentu.
Persaingan karena perbedaan ras. Persaingan ini terjadi karena perbedaan warna kulit, bentuk tubuh, atau ciri fisik lainnya. Misalnya adanya kebijakan apartheid di Afrika Selatan yang menimbulkan konflik antara kulit putih dan kulit hitam.

 

LIHAT JUGA :

http://geografi.upi.edu/video-bokeh-link-full/
http://geografi.upi.edu/gelombang-elektromagnetik/
http://geografi.upi.edu/laju-reaksi/
http://geografi.upi.edu/kinemaster-pro/
http://geografi.upi.edu/alight-motion-pro/
http://geografi.upi.edu/whatsapp-gb-apk-pro/
http://geografi.upi.edu/wa-web-di-pc/
https://silviayohana.student.telkomuniversity.ac.id/pengertian-gelombang-elektromagnetik/
https://silviayohana.student.telkomuniversity.ac.id/kinemaster-pro/
https://silviayohana.student.telkomuniversity.ac.id/alight-motion-pro/
http://blog.ub.ac.id/petrusarjuna/gelombang-elektromagnetik/
http://blog.ub.ac.id/petrusarjuna/kinemaster-pro/