4
5

Pengertian Prakarya, Kerajinan, Pengolahan, Budidaya

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas apa itu kriya, kriya, pengolahan, budidaya, teknik, yang dijelaskan di bawah ini:

pengertian-prakarya

Definisi kerajinan

Craft berasal dari kata pre juga bekerja, pre tidak memiliki arti / arti dan karya itu sendiri adalah sebuah karya. Pekerjaan dapat diartikan sebagai hasil pekerjaan yang belum selesai. Pengerjaan tetap dilakukan dalam bentuk proof of concept (prototipe). Bengkel tersebut belum memiliki tujuan pemasaran, sehingga belum ada pengguna (konsumen).

Pengguna hanya bisa menjadi pengembang atau desainer itu sendiri. Dari segi kualitas juga tidak menjadi masalah, karena yang penting hanya bentuk dasarnya saja. Harga sebuah kerajinan juga ditentukan dengan sangat subyektif, karena kita tidak mengetahui potensi pasarnya. Kerajinan tangan memiliki arti keterampilan, kerajinan tangan, kerajinan tangan atau kerajinan tangan. Bahan bekas umumnya sudah ada di pasaran, jadi kita tinggal merakitnya saja menggunakan limbah dan juga bahan bekas. Workshop ini berperan penting dalam mengembangkan kreativitas serta mengembangkan dan menghasilkan inovasi baru.

Contoh kerajinan

Contoh kerajinan tangan yang biasa dibuat oleh anak sekolah misalnya

  • Bunga dari sedotan,
  • Origami atau karya seni yang terbuat dari kertas,
  • Rumah karton,
  • anyaman dari rotan,
  • Boneka benang,
  • Boneka sabun,
  • Boneka dari llin dan sebagainya.

Manfaat kegiatan kerajinan tangan

Manfaat kerajinan ini mendorong kualitas inovatif dan kreatif anak. Selain itu juga dapat membesarkan anak dan meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Keterampilan atau keterampilan yang dikembangkan sejak masa kanak-kanak akan berguna di masa depan, karena keterampilan ini dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Kegiatan kerajinan ini juga dapat menyeimbangkan belahan otak kanan dan kiri. Otak kiri yang lebih terkait dengan hal-hal yang bersifat logis akan memikirkan bagaimana melangkah dan langkah apa yang harus diambil, sedangkan otak kanan lebih berkaitan dengan seni atau bagaimana menciptakan keindahan. Ketika belahan otak kanan dan kiri seimbang, kemampuan anak di setiap area meningkat dan mereka juga dapat mengatur emosi dengan lebih baik.

Pahami kewirausahaan

Kewirausahaan dapat diartikan sebagai proses manusia (proses manusia) yang berhubungan atau terkait dengan adanya kreativitas dan inovasi untuk memahami peluang untuk mengatur dan mengelola sumber daya sehingga peluang tersebut dapat diubah menjadi perusahaan yang juga dapat dan mampu menghasilkan. keuntungan atau nilai. Definisi lainnya adalah kemampuan (ability) untuk berpikir kreatif dan berperilaku inovatif, yang menjadi dasar bagi kewirausahaan, sumber daya, penggerak tujuan, taktik dan proses dalam menghadapi tantangan hidup (Soeparman Soemahamidjaja 1977: 2).

Kreatif dan inovatif adalah kunci utama berwirausaha. Kreativitas adalah kemampuan untuk membuat kombinasi baru atau hubungan baru dengan elemen, data, dan variabel yang ada.

Ciri-ciri orang kreatif adalah:

  • Secara mandiri.
  • Bersikaplah terbuka terhadap orang baru.
  • Kepercayaan.
  • Berani mengambil resiko.
  • Lihat sesuatu yang luar biasa.
  • Memiliki rasa ingin tahu yang besar.
  • Bisa menerima perbedaan.
  • Bersikaplah objektif dalam pikiran dan tindakan Anda.

Definisi kerajinan

Kriya adalah sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan kasar atau kegiatan yang berhubungan dengan barang artisanal (kerajinan tangan). Kerajinan ini biasanya dibuat dari bahan yang berbeda. Dari kerajinan inilah dibuat dekorasi atau benda atau benda seni. Biasanya istilah tersebut diterapkan pada cara pembuatan barang tradisional.

Kerajinan tangan ini bisa / bisa dibuat dari barang bekas seperti botol bekas, karton, dan plastik makanan.

Macam kerajinan tangan

Kerajinan terdiri dari 2 jenis yaitu:

  • Kerajinan bahan alam adalah kerajinan tangan yang terbuat dari bahan alam atau dengan bahan alami seperti fiber, bambu, rotan.
  • Kerajinan plastik adalah kerajinan tangan yang terbuat dari bahan buatan manusia seperti plastik, plesteran paris, sabun, lilin, dll.

Definisi pengolahan

  • Manajemen adalah proses yang memastikan pemantauan semua hal yang berhubungan dengan pelaksanaan pedoman dan pencapaian tujuan (Poerwadarminta, 1997: 1321).
  • Menurut M Manullang (2005: 1), manajemen adalah suatu proses di mana pelaksanaan tujuan-tujuan tersebut diatur dan dipantau.

Atas dasar dua pengertian yang telah dikemukakan di atas maka dapat disimpulkan bahwa dengan mengolah dapat dipahami suatu proses pemantauan pelaksanaan pedoman dan juga pencapaian tujuan.

Definisi budidaya

Budidaya adalah kegiatan terencana yang bertujuan untuk melestarikan sumber daya hayati pada suatu daerah agar dapat dimanfaatkan manfaat / hasil panennya. Kegiatan budidaya ini dapat dilihat sebagai inti dari pertanian. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, bercocok tanam adalah “suatu ikhtiar yang bermanfaat dan membuahkan hasil.

Pahami teknik

Rekayasa adalah penerapan prinsip ilmiah untuk implementasi (seperti merancang, membuat konstruksi, dan kerangka kerja, perangkat, dan sistem operasi yang ekonomis dan efisien.

Sumber :