6
27

Pengertian Mollusca, Ciri, Sistem, Klasifikasi dan Contohnya

Pahami moluska

pengertian-mollusca

Moluska merupakan kelompok hewan dengan tripoblastik slomata dan invertebrata bertubuh lunak yang juga multiseluler. Kata Mollusca berasal dari kata Yunani Molluscus yang artinya lembut. Moluska ini merupakan salah satu hewan lunak, baik dengan maupun tanpa cangkang. Seperti berbagai jenis kerang, siput, kiton, cumi-cumi dan juga kerabinya.

Setelah suku Arthropoda, Mollusca ini merupakan salah satu filum terbesar kedua di kerajaan hewan (Animalia). Diperkirakan ada 75.000 spesies, dengan tambahan 35.000 dalam bentuk posile. Moluska hidup di air laut, air tawar, air payau dan juga darat. Habitat Mollusca omo omo terdapat di lembah-lembah benua danau hingga pegunungan tinggi bahkan dapat dengan mudah ditemukan di sekitar rumah kita. Moluska ini dipelajari di cabang zoologi yang dikenal sebagai malakologi.

Properti Mollusca

Berikut ciri-ciri moluska. Penjelasan lengkapnya dijelaskan sebagai berikut:

  • Memiliki ukuran dan bentuk tubuh yang beragam
  • Memiliki empuk dan tidak tersegmentasi
  • Merupakan salah satu tripoblas selomata
  • Merupakan salah satu hewan tak bertulang belakang (tidak memiliki tulang punggung)
  • Kehidupan di air maupun di darat
  • Tubuh moluska terdiri dari kaki, massa viseral, dan mineral
  • Merupakan hewan hermafrodit yang memiliki dua jenis kelamin (jantan dan betina) dalam satu tubuh.
  • Ini memiliki cincin negara bagian yang merupakan sistem saraf
  • Organ ekskresi adalah nefridia
  • Memiliki radula (lidah gigi)
  • Merupakan hewan heterotrofik
  • Berkembang biak secara seksual
  • Moluska memiliki struktur tubuh simetris bilateral

Sistem organ moluska

Di bawah ini adalah sistem organ moluska sebagai berikut:

1). Sistem peredaran darah moluska

Dengan pengecualian kelas cephalopoda, sistem peredaran darah Mollusca ini adalah sistem peredaran darah terbuka. Pentingnya sistem peredaran darah terbuka adalah darah mengalir dari rongga tubuh yang terbuka dan tidak ada arteri atau vena utama yang dapat menaikkan tekanan darah, sehingga tekanan darah menjadi lambat dan organ menjadi kebanjiran darah. Sistem peredaran darah ini terdiri dari jantung dan pembuluh darah, jantung terdiri dari satu atau dua atrium dan satu ventrikel.

2). Sistem pencernaan moluska

Sistem pencernaan Mollusca meliputi mulut, kerongkongan, lambung, usus, dan anus. Jenis moluska tertentu memiliki organ di mulut seperti rahang dan lidah bergerigi yang dapat bergerak maju mundur.

3). Sistem saraf moluska

Sistem saraf Mollusca terdiri dari cincin saraf yang bergerak di sekitar kerongkongan dan serabut saraf lainnya, menyebar dari cincin ini untuk memasok berbagai organ.

4). Sistem ekskresi moluska

Sistem ekskresi moluska ini berupa nefridia, yang berperan mirip dengan ginjal. Nefridia ini juga mengeluarkan sisa metabolisme dalam bentuk cair.

5). Sistem pernapasan moluska

Sistem pernapasan Mollusca berbeda. Ketika hewan yang hidup di air bernapas dengan insang, sedangkan yang hidup di darat melalui paru-paru tetapi dapat muncul melalui pertukaran udara di mantel, sistem bekerja seperti paru-paru.

Klasifikasi moluska

Klasifikasi moluska adalah sebagai berikut:

1). Amphineura

Amphineura merupakan salah satu jenis moluska yang masih primitif. Amphineura sendiri memiliki tubuh simteri bilateral. dan memiliki beberapa insang di rongga mantelnya. serta kehidupan di pantai. Contohnya seperti: Chiton.

2). Scaphopoda

Scaphopoda ini merupakan salah satu hewan yang hidup di laut maupun di pantai. Scaphopoda ini memiliki cangkang tajam berbentuk seperti terompet, kaki kecil, beberapa tentakel di kepala dan tidak ada insang. Contohnya seperti: Dentalium Vulgare.

3). Gastropoda

Gastropoda ini merupakan salah satu hewan yang menggunakan perutnya sebagai kaki. Gastropoda ini hidup di darat, di air tawar atau di laut. Biasanya gastropoda ini memiliki cangkang. Contohnya seperti: siput.

4). Cephalopoda

Cephalopoda ini menggunakan kepalanya sebagai alat gerak. Cephalopoda ini memiliki endoskeleton, exoskeleton, atau keduanya tanpa. Cephalopoda ini memiliki simetri bilateral. Tubuhnya terdiri dari kepala, leher, dan badan. Contohnya seperti: gurita

5). Pelecypoda (Bilvalvia)

Pelecypods ini berbentuk seperti kaki mirip kapak yang berada di anterior. Bilvalvia sendiri merupakan hewan dengan cangkang yang terdiri dari dua bagian. Pelecypoda ini memiliki sistem saraf dan otak yang berkembang dengan baik. Hidup di air tawar dan laut. Contohnya adalah: Meleagrina (kerang mutiara), Anadonta (kerang), Ostrea (tiram) dan juga Panope Generosa (kerang raksasa)

Sekian penjelasan pengertian moluska, fitur, sistem, klasifikasi dan contoh, semoga yang dijelaskan dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih

Sumber :