10
29

Pengertian Kwitansi Serta Manfaat, Jenis dan Fungsi

Definisi resepsi

Tanda terima adalah alat untuk membuktikan penerimaan sejumlah uang yang akan ditandatangani oleh penerima. Ini kemudian dapat disajikan kepada orang yang membayar atau digunakan sebagai bukti transaksi.

 

Pengertian-Kwitansi-Serta-Manfaat,-Jenis-dan-Fungsi

Kwitansi adalah surat bukti yang menyatakan bahwa sejumlah uang sedang dikirimkan oleh pemberi kepada penerima atau sedang ditandatangani oleh penerima sejumlah uang yang dapat dituliskan pada surat tersebut. Kwitansi tersebut juga disertai dengan keterangan lokasi, tanggal, atau alasan penyerahan dana. Biasanya, materai dikenakan pada tanda terima untuk memperkuat bukti transaksi, yang sesuai dengan undang-undang perpajakan.

Kwitansi adalah dokumen yang sering digunakan sebagai bukti bahwa telah terjadi transaksi penerimaan sejumlah uang dari pemberi kepada penerima uang, yang diisi dengan beberapa detail seperti tujuan pembayaran dan juga transaksi. , tempat dan tanggal transaksi akan dilakukan. Ada beberapa transaksi yang menggunakan bukti kuitansi pada saat ditandatangani, yang membutuhkan materai sebagai legalitas kuitansi untuk diterbitkan sebagai bukti transaksi.

Hal-hal yang harus diperhatikan saat membuat tanda terima

Ada hal-hal yang perlu diperhatikan saat akan menerima struk yang nantinya akan digunakan sebagai pengaman bertransaksi, yaitu sebagai berikut:

  1. Jangan biarkan tanda terima kosong.
  2. Tuliskan nama penerima uang secara lengkap.
  3. Penandaan huruf terakhir harus diberikan di akhir deskripsi atau penjelasan. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa laporan laba rugi tidak dapat dilengkapi dengan laporan lain yang berpotensi merugikan.
  4. Tempat dan tanggal harus di sebelah tanda tangan penerima uang.
  5. Jika suatu tanda terima diperlukan untuk penggunaan suatu stempel, tanda tangan tersebut harus pada stempel yang dibubuhi atau disisipkan.
  6. Dan Anda harus bisa membedakan antara menerima dan membeli dan menjual uang kertas.

Manfaat dan fungsi kuitansi

Di bawah ini saya akan membahas manfaat atau fungsi resepsi. Secara umum, kuitansi merupakan bukti bagi penerima untuk menandatangani rangkaian dana, kemudian menunjukkannya kepada pembayar dan dapat digunakan sebagai bukti transaksi. Kwitansi adalah surat bukti yang menyatakan bahwa sejumlah uang telah diserahkan oleh pemberi kepada pemberi atau ditandatangani oleh penerima sejumlah uang yang akan ditulis pada surat tersebut. Kwitansi akan disertai dengan uraian lokasi, tanggal, atau alasan pengiriman dana. Untuk memperkuat bukti transaksi pada tanda terima, materai biasanya dikenakan, yang ditentukan oleh undang-undang perpajakan.

Struk adalah surat atau dokumen yang sering digunakan sebagai bukti bahwa sudah waktunya bertransaksi, menerima sederet dana dari pemberi kepada penerima uang, yang dilengkapi dengan berbagai detil seperti tujuan pembayaran. atau transaksi, Tempat dan tanggal terjadinya transaksi. Ada juga beberapa transaksi yang sering ditandatangani dengan menggunakan bukti kuitansi, yang harus distempel untuk memastikan legalitas kuitansi sebagai bukti transaksi. Fungsi tanda terima juga dapat kita simpulkan dari beberapa penjelasan di atas, yang juga dapat digunakan sebagai bukti transaksi atau pengiriman sejumlah uang. Demikian beberapa penjelasan contoh tanda terima penulisan. Anda bisa memilih antara singkat dan rinci, karena jika kita mengamati semua penjelasan ini, mereka memiliki esensi yang sama.

Karakteristik resepsi

Ada beberapa ciri dari kuitansi, diantaranya sebagai berikut: Misal kuitansi pembayaran terbagi menjadi dua bagian yaitu disebelah kiri disebut juga dengan sub resi. Bagian ini sering digunakan sebagai bukti bagi mereka yang meminta uang dan bagian hak diberikan kepada pembayar atau dia memberikan sejumlah uang. Adapun kuitansi, yang dipersingkat ketika bagian terbesar atau asli telah diberikan kepada pembayar atau lantai atau berkas pada siapa yang akan menerima sejumlah uang. Informasi yang akan dicantumkan pada bagian tanda terima antara lain: nama lengkap yang menyatakan jumlah uang, jumlah yang akan dikirimkan atau dibayarkan, tempat dan tanggal pengiriman uang, serta nama lengkap dan tanda tangan Penerima. .

Pada dasarnya, konsep kuitansi, tagihan, dan tagihan sama dengan konsep kantor dan perangkat bisnis yang digunakan sebagai bukti transaksi jual beli yang sah. Peralatan ini akan sangat penting untuk dimiliki oleh siapa saja yang memiliki bisnis dengan uang masuk dan keluar ini. Meskipun Notes, Receipts, dan Invoice sama-sama merupakan alat untuk transaksi, dalam hal ini ketiganya berbeda dalam bentuk dan penggunaannya. Berikut ini adalah definisi dan fungsi ketiganya. Kwitansi Insta yaitu kertas yang digunakan sebagai bukti kuitansi ini adalah sejumlah uang yang ditandatangani oleh penerima dan diserahkan kepada pembayar yang dapat digunakan sebagai bukti transaksi.

Jenis tanda terima

Ada berbagai jenis tanda terima tergantung pada penggunaannya. Seperti jenis kuitansi berikut.

Tanda terima

Jenis kuitansi adalah bukti pembayaran yang bisa berupa cicilan atau cicilan. Semua ini adalah bukti kuat saat Anda menunjukkan tanda terima.

Dokumen transaksi produk

Jenis kuitansi ini menggambarkan apa yang telah dibeli konsumen. Tanda terima tercantum dalam nomor seri, jenis barang, alamat pelanggan dan informasi harga barang.

Tanda terima pengiriman uang

Jenis struk ini biasanya digunakan oleh lembaga perbankan. Karena akses ini memiliki keterangan yang lebih jelas daripada nomor rekeningnya.

Tanda terima

Dokumen yang digunakan di lingkungan kerja. Tanda terima ini menjelaskan dana yang keluar atau transfer dilakukan sebagai bukti informasi keuangan selama audit.

Tanda terima uang

Jenis dokumen berikut ini paling umum digunakan. Dalam tanda terima ini Anda harus menunjukkan jumlah yang tersisa untuk seseorang, institusi atau perusahaan.
Komponen dalam tulisan

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat struk, yaitu:

  1. Nomor tanda terima Nomor ini digunakan untuk membedakan antara tanda terima dan tanda terima lainnya.
  2. Anda dapat membuatnya secara berurutan menggunakan angka atau huruf. Format penomoran dapat diatur sesuai kebutuhan.
  3. Nama lengkap orang yang melakukan transaksi atau agen pengirim dana.
  4. Besarnya uang yang akan ditransfer yaitu jumlah nominal uang sesuai dengan angka dan huruf
  5. Tempat, hari atau tanggal transaksi
  6. Tujuan pembayaran, dalam hal ini dijelaskan untuk apa pembayaran itu
  7. Nama lengkap orang dan jabatan di lembaga penerima uang disertai dengan tanda tangan
  8. Pejabat atau perusahaan yang menerima stempel atau stempel pembayaran
  9. Saat menggunakan stempel, tandatangannya harus pada stempel yang ditempel.

Contoh pembayaran yang masuk

Kwitansi adalah dokumen yang digunakan sebagai bukti proses pembayaran dan biasanya ditandatangani oleh penerima uang. Kwitansi yang telah diisi dengan berbagai informasi pembayaran dan ditandatangani oleh penerima uang, kemudian dikirimkan ke pihak yang membayar jumlahnya. Guna lebih memperkuat legalitas, biasanya juga ada tanda tangan di kwitansi yang distempel, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Jika menggunakan stempel, tandatangannya harus pada stempel yang ditempel. Khusus untuk kuitansi bermaterai, ketentuan berikut ini berlaku sesuai dengan peraturan Menteri Keuangan:

  1. Transaksi atau pembelian di bawah Rp. 250.000 tidak diperbolehkan menggunakan materai.
  2. Transaksi atau pembelian antara Rp. 250.000 – Rp. 1.000.000 pakai cap Rp. 3000
  3. Transaksi di atas Rp. 1.000 bisa pakai satu Rp. 6.000

Baca Juga: