2
4

Nasa Rilis Foto Selfie Penjelajah Curiosity di Mars

NASA merilis Curiosity Explorer Selfie di Mars

nasa-rilis-foto-selfie

Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA merilis “selfie” yang menakjubkan dari penjelajah Mars Curiosity pada hari Selasa.

Dalam sebuah tweet, tim Curiosity menyatakan bahwa gambar itu diambil di dekat formasi batuan yang mengesankan yang disebut “Mont Mercou” setelah sebuah gunung di Prancis selatan.

“Seandainya kamu ada di sini! Selfie ini diambil di depan ‘Mont Mercou’, sebuah formasi batu setinggi 6 m,” tulis JPL. “Ini terdiri dari 60 gambar dari kamera MAHLI saya dan 11 gambar dari Mastcam saya. lubang bor baru – sampel ke-30 saya sejauh ini.”

Selfie, yang diambil awal bulan ini, telah diposting bersama dengan sepasang foto tiga dimensi tambahan dan pemandangan panorama lanskap Mars.

Dalam keterangannya, JPL menjelaskan bahwa Curiosity menggabungkan gambar yang berbeda untuk mengambil selfie di depan birai setinggi 6 meter.

“Panorama ini terdiri dari 60 gambar yang diambil Mars Hand Lens Imager (MAHLI) di lengan robot penjelajah pada 26 Maret 2021, 3070 hari Mars atau Sols, misinya,” tulis mereka. “Ini digabungkan dengan 11 gambar yang diambil Mastcam di tiang atau ‘kepala’ rover pada 16 Maret 2021, hari misi Mars ke 3.060.”

Curiosity mendarat di permukaan Mars pada 6 Agustus 2012.

Di sisi kiri rover Anda dapat melihat lubang di mana bor robotnya mengambil sampel desa di tenggara Prancis yang oleh ilmuwan batuan bernama “Nontron”.

Julukan non-tron dipilih karena pengorbit Mars menemukan nontronite, sejenis mineral tanah liat, di wilayah tersebut.

Dalam siaran pers JPL hari Selasa, para peneliti menyatakan bahwa bor Curiosity “mengebor” sampel nontron sebelum “menjatuhkannya ke instrumen di dalam rover.”

Proses tersebut diperlukan agar tim sains Anda dapat lebih memahami komposisi dan sejarah batuan tersebut.

“Area ini terletak di transisi antara ‘unit penyimpanan tanah liat’ Curiosity dan ‘unit penyimpanan sulfat’, yang terletak di depan Gunung Sharp, gunung penjelajah setinggi 5 kilometer. sudah bergulir sejak 2014,” tulis mereka.

“Para ilmuwan lama berpikir bahwa transisi ini mungkin mengungkapkan apa yang terjadi pada Mars ketika menjadi planet gurun yang kita lihat hari ini,” tambah JPL.

Sumber :