8
7

Lembaga ekonomi: definisi, karakteristik, tujuan, fungsi, contoh, elemen

Definisi lembaga ekonomi
Buka baca cepat

Pengelolaan ekonomi adalah kegiatan ekonomi yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia, mencapai kesejahteraan, dan memenuhi kebutuhan barang dan jasa. Fungsi kelembagaan ekonomi secara umum adalah mengatur konsumsi barang dan jasa, mengatur distribusi barang dan jasa, dan mengatur produksi barang dan jasa. Secara umum peran lembaga ekonomi dibedakan menjadi peran lembaga ekonomi produksi, peran lembaga ekonomi distributif dan peran lembaga ekonomi konsumen.
Karakteristik lembaga ekonomi

Lembaga-ekonomi-definisi-karakteristik-tujuan-fungsi-contoh-elemen

Di bawah ini adalah beberapa karakteristik lembaga ekonomi, antara lain:

Perilaku / pola perilaku: menabung, profesional dan berorientasi pada keuntungan
Budaya simbolis: merek, slogan, lagu komersial, paten
Keunggulan budaya: pabrik, toko, cetakan, cetakan
Kode spesialisasi: kontrak, hak, monopoli, akta perusahaan, lisensi
Ideologi: tanggung jawab, liberalisme, manajemen, kebebasan bisnis dan hak buruh

Tujuan lembaga ekonomi

Berbagai fungsi lembaga ekonomi antara lain:

Pengaturan cara produksi barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat untuk memastikan kelangsungan hidupnya
Tangani masalah kesejahteraan materi
Meningkatkan kesejahteraan umum dalam pemenuhan barang dan jasa
Untuk memenuhi kebutuhan pasar / komunitas dan membuat konsumen senang.
Meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Membuat keuntungan.

Baca lebih lanjut: Kata Standar
Fungsi lembaga ekonomi

Berbagai fungsi lembaga ekonomi adalah sebagai berikut:

1. Mengatur produksi barang dan jasa

Kegiatan manufaktur merupakan kegiatan pengadaan barang dan jasa yang biasa digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Dalam hal ini kegiatan produksi meliputi kegiatan produksi untuk meningkatkan penggunaan barang, baik secara langsung maupun tidak langsung, untuk memenuhi kebutuhan atau mata pencaharian manusia. Dalam menjalankan suatu proses produksi diperlukan unsur-unsur produksi yaitu bahan produksi, modal, tenaga kerja dan kesepakatan manajemen organisasi. Dalam kegiatan produksi tersebut bahan produksi berupa modal, perintah kerja, dan manajemen organisasi.
Contoh:

Sebuah pabrik tempe memproduksi 10.000 tempe sehari untuk memenuhi kebutuhan pasar dan warung sayur tempe. Produsen tahu membutuhkan sedikitnya 500 kg lebih kedelai dan beberapa input lainnya. Pengusaha tempe sebagai pelaku produksi siap melakukan kegiatan ekonomi yaitu memproduksi barang modal berupa tempe yang nantinya dijual ke konsumen.
2. Mengatur distribusi barang dan jasa

Distribusi adalah suatu bentuk kegiatan atau proses mendistribusikan barang dan jasa yang berasal dari produsen dan didistribusikan kepada konsumen. Distribusi barang dan jasa melibatkan beberapa pihak yang saling mempengaruhi yaitu produsen, agen (distributor) dan konsumen. Berbagai metode dapat digunakan untuk memfasilitasi proses pendistribusian barang dan jasa, umumnya menggunakan pertukaran ekonomi. Pertukaran ekonomi adalah kegiatan pertukaran barang dan jasa menurut aturan melalui ketentuan hubungan budaya. Faktor penting dalam pertukaran barang dan jasa adalah adanya transaksi antar individu. Sistem pertukaran menawarkan kesempatan kepada seseorang untuk menerima dan menyediakan barang dan jasa dengan berbagai kesepakatan yang dibuat oleh kedua belah pihak.
Baca selengkapnya

Contoh:

Pedagang grosir tempe membeli 500 tempe setiap hari dari produsen tempe. Selain itu tempe dipasarkan di pasar dan warung sayur, atau bisa juga pedagang sayur keliling. Kegiatan ini merupakan kegiatan ekonomi berupa pendistribusian barang yaitu tempe.
3. Mengatur konsumsi barang dan jasa

Konsumsi adalah kegiatan di mana barang dan jasa digunakan, baik secara langsung maupun tidak langsung, oleh individu masyarakat, atau bersama-sama, untuk memenuhi kebutuhan dasar atau pokoknya. Anggota masyarakat benar-benar mengharapkan kehidupan yang layak yang berasal dari terpenuhinya ketersediaan barang dan jasa

 

LIHAT JUGA :

https://bengkelharga.com/
https://hon.co.id/
https://belinda-carlisle.com/
https://dunebuggyforsale.org/
https://synthesisters.com/
https://ekonomija.org/
https://intergalactictravelbureau.com/
https://mlwcards.com/
https://poekickstarter.com/
https://profilesinterror.com/