11
47

Ini Dia..! Gunung Betung, Objek Wisata Alam yang Kaya Pesona di Lampung

Coba mendaki gunung yok. Mendaki gunung sama dengan berolahraga ekstrim yang kuras banyak energi, tetapi berlainan dengan mendaki gunung yang berada di Bandar Lampung ini. Tidak kuat mendaki gunung yang curam pelancong dapat singgah untuk bermain air terjun.

Mendaki Gunung Betung tidak begitu susah karena gunung elok ini cuman mempunyai ketinggian 1.240 mtr. di permukaan laut. Mendaki gunung menjadi aktivitas traveling ke alam yang mengasyikan. Pendakian gunung elok ini dapat pas untuk beberapa pemula karena medannya yang tidak begitu susah.

Gunung Betung ini menjadi salah satunya arah gunung favorite pendaki lho. Selainnya pucuknya yang tidak begitu tinggi, lajur pendakiannya juga tidak begitu susah. Selainnya mendaki ada beberapa aktivitas bagus yang pelancong kerjakan. Berikut daya tarik dari gunung yang berada di Wilayah Persawahan

 

Daya Ambil yang Dipunyai Gunung Betung

1. Air Terjun Pemandian Bidadari

Daya magnet berekreasi di gunung teduh ini yang pertama ialah ada Air Terjun. Air terjun ini menjadi satu obat Kepenatan akan sibuknya hidup di perkotaan. Pelancong harus melalui perjalanan mendaki sekitaran 20 menit dari pos registrasi untuk dapat sampai di air terjun ini.

2. Keelokan Berbalut Belantara

Gunung Betung masuk ke teritori rimba pelestarian yang diproteksi oleh pemerintahan. Masuk ke teritori rimba 19 di Tahura WAR atau Taman Rimba Raya Wan Abdul Rachman. Keelokan alam berbalut belantara rimba yang asli akan menganakemaskan mata pengunjung. Ada pohon-pohonan kopi punya masyarakat disekitaran lajur pendakian.

3. Menginap di Camp

Ada dua camp yang disiapkan di lajur pendakian ke gunung ini. Untuk pendaki yang ingin dapat sampai di camp 1 cukup tempuh perjalanan sepanjang 2-3 jam lama waktunya. Dan jarak di antara camp 1-2 cuman sekitaran 30 menit. Camp ini sebagai tempat istirahat untuk beberapa pendaki yang ingin istirahat atau camping.

4. Pucuk dengan panorama eksotik

Selainnya air terjun yang dapat hilangkan capek sesudah perjalanan. Beberapa pendaki akan dibikin kagum dengan keelokan pucuk Gunung Betung. Bentangan lampion Kota Lampung terhidang cantik di muka mata pendaki. Situasi damai makin berasa saat ada di pucuk gunung.

5. Ada Pemondokan yang Disiapkan

Di teritori rekreasi gunung, pengurus sediakan cottage yang disiapkan untuk pengunjung yang ingin menginap. Situasi sejuk pegunungan yang damai akan bawa ketenangan untuk pengunjung. Pemondokan ini pas untuk pengunjung yang ingin rasakan kesan menginap seperti camping tetapi di lokasi yang nyaman.

 

6. Pusara Sakral

Di dekat pucuk gunung ada pusara yang dipandang sakral oleh warga sekitaran. Menurut pembicaraan masyarakat sekitaran, pusara itu ialah pusara-makam beberapa wali yang dulu menebarkan tuntunan islam di wilayah Lampung. Saat sebelum lakukan pendakian pengunjung akan diberi oleh petugas.

7. Dapat Naik Ojek Jika Lelah

Menariknya saat mendaki gunung yang cantik ini pendaki yang berasa capek atau mungkin tidak kuat jalan dapat sewa jasa ojek untuk sampai ke atas gunung. Pasti ini benar-benar mempermudah pengunjung untuk nikmati pemandangan alam yang terhidang.

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi

Lokasi gunung ada di Gedong Tatanan Pesawaran. Secara administratif masuk ke daerah Ibu-kota Bandar Lampung dan masuk ke beberapa kecamatan yang berada di Lampung. Kecamatan yang masuk ke teritori gunung yakni Kecamatan Padang Cermin, Way Lima, Kedondong dan Gedong Tatanan.

Lajur pendakian yang dapat dilakukan untuk dapat ke teritori rekreasi ada dua lajur yakni pertama lewat Dusun Wiyono, Kecamatan Gedong Tatanan, Pesawaran. Lajur ke-2 melalui Dusun Talang Mulya, Kecamatan Teluk Pandan, Pesawaran. Ke-2 lajur itu dapat diputuskan oleh pengunjung.

Lajur pendakian ini dapat dilakukan dalam kurun waktu lebih kurang 1 jam dari Ibu Kota Bandar Lampung. Jalur untuk ke arah lokasi gunung cantik ini masuk dari dusun wiyono gedong tatanan, sekitar 30 menit perjalanan akan masuk ke lajur pendakian dari wiyono. Bakal ada posko registrasi dan penitipan untuk pendaki.

 

Harga Ticket Masuk Object Rekreasi

Harga ticket masuk ke gunung ini lumayan murah. Penghujung perlu bayar Rp. 15.000,- untuk ongkos perawatan dan izin menginap. Harga ticket belum terhitung penitipan motor, helm dan ongkos untuk bermalam di cottage yang disiapkan.

 

Dan untuk ongkos penitipan motor lebih kurang Rp 5.000,- saja. Motor dapat dipercayakan di dalam rumah warga. Harga ticket masuk ini telah terhitung ongkos masuk tempat air terjun dan nikmati dinginya air. Ongkos Rp 15.000,- ini belum terhitung ongkos makan.

Untuk mengirit bujet pengunjung dapat bawa bekal dari rumah tapi harus diingat untuk buang sampah pada tempatnya. Membawa sampah kembali dan tidak boleh mengotori alam.

Kegiatan Hebat yang Dapat Dilaksanakan di Gunung Betung

 

1. Mendaki

Aktivitas khusus yang dapat dilaksanakan saat berkunjung gunung eksotik ini ialah aktivitas mendaki. Untuk pengunjung yang bukan pendaki pro masih tetap dapat mendaki gunung dengan tinggi 1.240 mdpl ini. Bila berasa tidak kuat, pengunjung masih tetap dapat rasakan kesan pendakian karenanya jalan 20-30 menit dapat nikmati air terjun.

Panduan untuk mendaki Gunung Betung untuk pemula:

  • Saat jalan upayakan kaki lentur dan masih tetap konsentrasi ke injakan, ini bermanfaat agar kaki tidak cidera saat digunakan jalan.
  • Menggunakan bodi lotion untuk menyingkirkan nyamuk dan serangga agar terbebas dari bentol-bentol dan kulit lecet.
  • Patuhi larangan yang ada. Yakinkan saat sebelum lakukan pendakian untuk mendaftarkan agar saat ada suatu hal yang tidak diharapkan ada team penolong yang dapat menolong.
  • Stop saat berasa capek, jangan dipaksa bila berasa capek. Lebih bagus jalan nyaman daripada napas terengah-engah. Ini penting untuk jadi perhatian oleh pendaki. Khususnya pendaki pemula yang memandang pucuk gunung harus diraih dengan apa saja tanpa memedulikan keselamatan diri kita.
  • Bawa peralatan yang ideal. Siapkan semua perlengkapan yang diperlukan saat mendaki. Perlengkapan yang diperlukan seperti alat klinis, peralatan kemping,peralatan individu dan yang lain.
  • Tidak boleh buang sampah asal-asalan. Panduan paling akhir saat ingin mendaki ialah masih tetap jaga kebersihan saat di gunung, bawa sampah kembali turun bila tidak mendapati tempat sampah di lajur pendakian. Dengan buang sampah pada tempatnya jadi bentuk riil perduli lingkungan.

2. Main di Air Terjun

Sesudah jalan sekitaran 900 mtr. atau 20 menit dari pos registrasi pengunjung harus melalui sungai untuk dapat sampai ke air terjun. Air terjun ini mempunyai ketinggian 30 mtr.. Recikan air yang turun bertaburan dengan batu membuat hati dan hati jadi tenang.

 

3. Berpose Riang Sejauh Jalan dan Air Terjun

Buat pengunjung yang suka mendokumentasikan peristiwa bernilai dalam sebuah photo, bertandang ke gunung elok ini akan memberi pengalaman photo menarik baik di sejauh jalan, tempat air terjun dan pucuk gunung. Bentang pohon-pohonan yang teduh membuat situasi jadi sejuk dan damai.

4. Meditasi Menentramkan Diri

Pengunjung yang berasa capek dengan kehidupan kota dapat rasakan kenyamanan saat bertandang ke Gunung Betung. Rindangnya pohon-pohonan akan memberi situasi teduh, dingin dan nyaman. Bila tidak mau capek jalan dapat manfaatkan sarana bermalam yang disiapkan pengurus.

5. Camping di Pucuk Gunung

Salah satunya daya magnet aktivitas mendaki gunung ialah saat dapat camping membangun tenda, makan mie rebus dan hidupkan api unggun di pucuk gunung. Aktivitas hebat ini dapat dicicipi oleh pendaki tanpa perlu mendaki gunung paling tinggi.

6. Nikmati Makanan Nikmat

Ada tempat makanan yang populer di tempat Gunung Betung yakni Rumah Pakde Gito Escobar. Rumah Pakde Gito sebagai rumah dengan halaman yang luas diperlengkapi dengan meja dan bangku yang tempatnya pas menghadap Teluk Lampung. Beberapa pengunjung yang meluangkan makan pada tempat ini karena menyuguhkan makanannya yang unik.

Sarana yang Ada di Teritori Gunung

Sebagai tempat wisata yang masuk ke teritori rimba pelestarian ada banyak sarana yang disiapkan oleh faksi pengurus. Seperti sarana umum penitipan sepeda motor, pos registrasi, tempat untuk menitipkan barang dan kamar mandi. Penitipan sepeda motor ini dapat ke rumah masyarakat sekalian sebagai basecamp tempat penyiapan sebelum pendakian.

Selainnya sarana umum ada pula cottage atau rumah pemondokan yang disiapkan oleh faksi pengurus yang dapat pelancong pakai untuk menginap di teritori pendakian Gunung Betung yang menarik ini. Ada sarana ojek motor yang dikontrakkan untuk bawa pengunjung yang ingin bertandang ke air terjun.

 

Sebagai tempat beristirahat untuk pendaki disiapkan camp atau pos pendakian. Ada dua camp yang disiapkan, camp 1 lokasinya sekitaran 2-3 jam perjalanan dari pos registrasi. Dan camp 2 jaraknya sekitaran 30 menit perjalanan dari camp 1. Di camp ini pendaki bisa juga membangun tenda dan bercamping.

Itu daya tarik Gunung Betung yang hits di Lampung. Daya magnet khusus gunung sejuk ini karena ketinggiannya yang tidak begitu tinggi yang pas untuk pendaki pemula. Situasi sejuk dan teduh akan menganakemaskan kenyamanan jiwa. Saat ingin mendaki yakinkan penyiapan fisik dan logistik yang cukup.

Link Lainnya:

https://www.daihatsulampung.net/
https://sewamobillampung.co.id/
https://www.rentalmobillampung.co.id/
https://www.hondamobillampung.co.id/
https://dolanyok.com/rental-mobil-lampung/