1
7

Cara Clear Cache Untuk iPhone Agar Performa Makin Mulus

penyimpanan iPhone penuh? Berikut cara mengosongkan penyimpanan iPhone

Cara Clear Cache Untuk iPhone Agar Performa Makin Mulus

Pengguna iPhone sering kali dapat mengalami penyimpanan penuh. Artikel ini akan mengajari Anda cara mengosongkan ruang di iPhone.

Masalah memori penuh tidak unik untuk pengguna ponsel Android. Pengguna iOS atau iPhone terkadang juga mengalami hal yang sama.

Biasanya terlalu banyak foto, video 4K, dan game di memori menjadi penyebab memori cepat penuh. Selain itu, kebiasaan lain juga bisa mengurangi penyimpanan iPhone.

Tentunya agar memori kembali stabil, Anda perlu mengosongkan ruang di iPhone Anda. Nah, kali ini saya akan membagikan cara mengosongkan penyimpanan di iPhone.
Cara mengosongkan penyimpanan di iPhone
Gunakan penyimpanan iPhone
Sumber gambar: 9to5Mac

Biasanya, iPhone dengan versi iOS terbaru memiliki fitur penyimpanan iPhone. Ini adalah peningkatan yang sebelumnya disediakan Apple di bagian Penyimpanan dan Penggunaan iCloud.

Untuk mengakses penyimpanan iPhone, buka Pengaturan > Umum > Penyimpanan iPhone. Setelah itu, Anda akan melihat layar yang menunjukkan ruang penyimpanan di iPhone Anda.

Fitur ini mengatur aplikasi sesuai dengan jumlah memori yang digunakan. Nah, untuk menghemat ruang, Anda bisa otomatis menghapus pesan lama, menghapus lampiran pesan, atau menyimpan pesan ke iCloud.

Sementara itu, Anda juga dapat menghapus data aplikasi bawaan Apple di fitur ini. Misalnya, Anda mungkin ingin menghapus lagu dari aplikasi Musik, menghapus data di situs web Safari, dll.
Unduh atau hapus aplikasi
Sumber gambar: Make Us Of

Di ponsel Anda, akses Pengaturan > Penyimpanan iPhone. Setelah itu, ketuk aplikasi yang ingin Anda hapus. Setelah itu, Anda akan melihat informasi tentang memori yang digunakan aplikasi.

Ada dua opsi di bagian bawah yaitu “Offload App” dan “Delete App”. “Hapus Aplikasi” akan menghapus aplikasi sepenuhnya. Di Android, sama saja dengan menguninstall aplikasi.

Membongkar aplikasi berarti Anda menghapus file inti aplikasi tetapi menyimpan data pribadi Anda dengan aman. Opsi ini berguna saat Anda ingin menggunakan aplikasi tetapi membutuhkan ruang penyimpanan.
Hapus foto dan video

Foto dan video mengambil sebagian besar ruang, terutama di ponsel perempuan. Nah, Anda dapat menghapus beberapa foto dan video dari penyimpanan iPhone.

Lihat juga
Cara membuat polling di grup WhatsApp dengan fitur reaksi emoji
dalam aplikasi

Juga, coba aktifkan Foto iCloud di ponsel Anda. Anda dapat mengunggah foto dan video ke cloud, menghemat ruang penyimpanan di perangkat Anda.

Anda juga dapat menyalin foto dan video dari iPhone ke komputer. Setelah file dipindahkan, hapus foto dan video dari ponsel Anda.
Ambil foto HDR
Sumber gambar: Make Us Of

Foto iPhone yang diambil dalam mode HDR sebenarnya sangat tajam. Sementara itu, iPhone menyimpan dua file gambar di Perpustakaan Foto. Yaitu gambar normal (tanpa HDR) dan mitra HDR-nya.

Untuk menghemat ruang, Anda hanya perlu menyimpan foto HDR. Triknya adalah pergi ke “Pengaturan> Kamera.” Ketuk “Simpan Foto Normal” ke posisi “Mati”.

Ini adalah beberapa cara untuk mengosongkan ruang di iPhone. Selain cara di atas, Anda juga bisa menghapus cache browser dan pesan yang tidak penting untuk menghemat ruang disk.

Sumber :