3
7

Cara Membuat FB Ads

Kebingungan memasarkan produk Anda? Jangan khawatir, yuk ikuti panduan atau 4 tips berjualan online termasuk cara membuat FB Ads di Facebook agar produk kamu laku terjual.

Tak dapat dipungkiri jika perkembalan teknologi informasi di era digital sangatlah pesat. Bahkan sudah menjadi salah satu elemen yang tak tergantikan di kehidupan manusia.

Kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi, membuat masyarakat tidak harus capek kesana kemari untuk memenuhi kebutuhannya. Semuanya bisa didapatkan dalam genggaman.

Produk teknologi informasi yang paling gandrungi adalah media sosial. Bagaimana tidak? Hampir setiap orang yang memiliki ponsel pintar (smartphone) menggunakan media sosial.

Facebook (FB) menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Dunia. Menurut laporan Statista, di Indonesia sendiri tercatat kurang lebih ada 140 juta pengguna aktif Facebook.

Jumlah tersebut terbilang sangat besar untuk pengguna media sosial Facebook, bahkan secara global Indonesia menempati posisi ke empat sebagai pengguna Facebook terbanyak di dunia.

Maka dari itu, potensi FB menjadi media marketing atau pemasaran di Indonesia sangat besar. Tentu saja hal ini bisa dimanfaatkan pelaku usaha untuk meningkatkan penjualan produk-produknya.

Cara Membuat FB Ads

Salah satu cara untuk membuat produkmu laku dijual di Facebook adalah dengan membuat FB Ads. FB Ads sendiri merupakan layanan periklanan di Facebook untuk memasarkan produk.

FB Ads dapat membantu Anda untuk mengoptimalisasikan pengiklanan produk yang Anda jual. Sehingga dapat meningkatkan jumlah calon konsumen secara signifikan dalam waktu yang singkat.

Penggunaan FB Ads bisa dilakukan ketika Anda sudah memiliki merk yang solid. Sehingga ketika merk itu terpublikasikan dan tersbebar akan membuat pengguna lain mengingat merk tersebut.

Kesadaran merk tersebut akan berdampak positif bagi perusahaan karena mengundang rasa penasaran calon pelanggan dan akan sesering mungkin mencari merk produk perusahaan Anda.

Menggunakan FB Ads tidak bisa sembarangan dilakukan untuk dapat mengantisipasi kerugian. Anda harus mengerti bagaimana cara memanfaatkannya agar hasil yang didapatkan maksimal.

Lalu bagaimana caranya untuk membuat FB Ads?

  1. Pertama, buka halaman FB Manager, lalu login dengan akun atau halaman yang akan dipromosikan
  2. Selanjutnya, buka menu Kampanye, kemudian pilih Buat Iklan
  3. Kemudian, tentukan tujuan iklan Anda, lalu klik tujuan iklan Anda
  4. Langkah selanjutnya, pilih Jenis Iklan. Pada tahap ini, Anda juga dapat mengatur jumlah anggaran yang akan dikeluarkan untuk beriklan
  5. Setelah menentukan Jenis Iklan dan anggaran, tahap selanjutnya ialah menulis nama iklan dan tujuan trafik
  6. Jika diperlukan, Anda juga dapat mengaktifkan opsi promo untuk menampilkan promo dalam iklan
  7. Lalu tentukan target audiensnya serta penempatan iklan
  8. Atur jadwal dan format iklan yang diinginkan
  9. Selanjutnya masukan teks, gambar serta informasi lain yang diperlukan dalam iklan
  10. Lakukan pembayaran iklan.

Selesai, setelah itu Anda hanya perlu menunggu persetujuan dari Facebook untuk menayangkan iklan Anda. Apabila masih bingung, Anda bisa membaca artikel mengenai panduan lengkap cara membuat FB Ads.

Tips Alternatif Agar Jualan Laris di Facebook

Selain dengan menggunakan FB Ads, ada beberapa tips lain yang bisa kamu coba agar produk yang kamu jual bisa laris di Facebook. Apa saja? Berikut ini adalah beberapa tipsnya.

1. Menggunakan FB Marketplace

FB Marketplace adalah tempat pengguna Facebook untuk menemukan, membeli, dan menjual item. Penggunanya bisa melakukan pencarian item dan menawarnya langsung baik itu di sekitar atau luar daerah.

Pemanfaatan FB Marketplace dalam transaksi jual beli sangatlah ramai digunakan oleh pengguna Facebook. Mengingat secara interface atau atar muka sangat ramah bagi pengguna awam sekalipun.

Fitur-fiturnya pun sangat mudah digunakan, Anda hanya perlu menyiapkan foto produk dan keterangannya, serta harga yang sudah ditentukan.

Selain itu, FB Marketplace juga praktis dan bisa digunakan kapanpun, dimanapun selama Anda menggunaka smartphone. Transaksinya pun bisa dilakukan secara online dengan fitur Messenger.

2. Promosi Produk di Grup yang Relevan

Ada banyak sekali grup yang aktif terlibat dalam jual beli di Facebook dengan jumlah anggota yang tidak sedikit. Cari grup tersebut berdasarkan barang yang akan Anda jual di kolom pencarian.

Anda bisa memilih grup sesuai dengan target audiens, apakah itu tergantung pada wilayah atau daerah di dekat Anda? Ataupun berdasarkan segementasi jenis kelamin yang memberi peluang produkmu terjual.

Selain itu, Anda juga bisa membuat grup sendiri yang diisi oleh pelanggan-pelangga setia Anda. Supaya mereka bisa mendapatkan informasi terbaru terkait produk yang Anda jual.

3. Riset dan Gunakan Kata Kunci Populer

Sistem Facebook yang menggunakan algoritma tersendiri membuat Anda harus menggunakan kata kunci yang sedang banyak dicari. Misalnya ketika Anda menjual Handphone, orang lain akan mengetikkan “HP”, “Henpon”, atau lainnya.

Maka dari itu penggunan kata kunci adalah langkah yang tepat digunakan sebelum Anda memasarkan produk di Facebook. Maka dari itu riset terlebih dahulu kata kunci mana yang sering digunakan.

Penggunaan kata kunci juga dapat membuat unggahan produk Anda berada di peringkat atas dalam hasil pencarian dan mudah ditemukan oleh calon pembeli.

Penutup

Nah itulah cara membuat FB Ads untuk memasarkan produk Anda di platform Facebook. Sekian informasi yang dapat disampaikan dan terima kasih sudah mengujungi situs Kami. Selamat Mencoba!

Sumber Dari:

parolamas
padatkarya