8
27

Biografi Singkat Soekarno Dalam Bahasa Inggris

biografi singkat soekarno dalam bahasa inggris dan artinya

biografi-soekarno

Negara Kesatuan Republik Indonesia (RI) yang biasa disebut dengan Indonesia adalah sebuah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan terletak di antara benua Asia dan Australia serta di antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia dan terdiri dari 13.466 pulau, alternatif nama yang sama adalah Nusantara. Dengan populasi lebih dari 258 juta pada tahun 2016, Indonesia adalah negara terpadat keempat di dunia dan negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia dengan lebih dari 207 juta orang. Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik di mana Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Presiden dipilih secara langsung.

Pada kesempatan ini IBI akan membahas tentang biografi Presiden pertama Indonesia. Langsung saja kita simak biodatanya berikut ini.

biografi singkat soekarno dalam bahasa inggris dan artinya

Siapapun Dengan Diabetes Baca Segera Sebelum Menghapus
biografi Soekarno

Ir. Soekarno (lahir di Blitar, Jawa Timur, 6 Juni 1901 – meninggal di Jakarta, 21 Juni 1970 pada umur 69 tahun) adalah presiden pertama Indonesia, yang menjabat dua periode dari 1945 hingga 1966. Ia memainkan peran penting dalam pembebasan Indonesia dari penjajahan Belanda. Dia seorang penggali pancasila. Ia diproklamasikan (bersama Mohammad Hatta) untuk kemerdekaan Indonesia, yang berlangsung pada tanggal 17 Agustus 1945.

Sukarno menandatangani Surat Perintah Supersemar yang kontroversial pada tanggal 11 Maret 1966, di mana – menurut versi Mabes Angkatan Darat yang diterbitkan – Letnan Jenderal Suharto ditugaskan untuk memastikan dan memelihara keamanan negara dan lembaga kepresidenan. Pangkalan Supersemar Letnan Jenderal Suharto seharusnya membubarkan Partai Komunis Indonesia (PKI) dan menggantikan anggota parlemen yang duduk di parlemen. Setelah jawaban itu, Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara (MPR) menolak jabatannya sebagai presiden sidang khusus MPRS tahun yang sama dalam sidang umum keempat tahun 1967 dan mengangkat Soeharto sebagai penjabat presiden Republik Indonesia.

Latar belakang dan pendidikan

Soekarno lahir dengan nama Kusno Sosrodihardjo. Ayahnya bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo, seorang guru di Surabaya, Jawa. Ibunya Ida Ayu Nyoman Rai berasal dari Buleleng, Bali

Saat kecil ia tinggal bersama kakeknya Soekarno di Tulungagung, Jawa Timur. Pada usia 14 tahun, teman ayahnya, yang dipanggil Tjokroaminoto Sukarno, diundang ke Surabaya dan mengajar di sana dengan mengaji di Tjokroaminoto di Hoogere Burger School (HBS). Di Surabaya Soekarno bertemu dengan pimpinan SI, organisasi yang dipimpin Tjokroaminoto waktu itu. Soekarno kemudian bergabung dengan organisasi Jong Java (Pemuda Jawa).

Selesai H.B.S. Pada tahun 1920 Sukarno bersekolah di Sekolah Teknik Hoge (sekarang ITB) di Bandung dan lulus pada tahun 1925. Di Bandung, Sukarno berinteraksi dengan Tjipto Mangunkusumo dan Dr. Douwes Dekker, yang saat itu menjadi ketua Organisasi Nasional Partai India.

terjemahan

Ir. Soekarno (lahir di Blitar, Jawa Timur, 6 Juni 1901 – meninggal di Jakarta, 21 Juni 1970 pada umur 69 tahun) adalah Presiden Indonesia pertama yang menjabat dua kali periode 1945-1966. pembebasan Indonesia dari penjajahan Belanda. Dia seorang penggali pancasila. Ia mendeklarasikan kemerdekaan Indonesia (bersama Mohammad Hatta) pada 17 Agustus 1945.

Sukarno menandatangani surat perintah penangkapan pada 11 Maret 1966, Supersemar yang kontroversial, yang menurut versi yang diterbitkan oleh markas besar Angkatan Darat, dipercayakan kepada Letnan Jenderal Suharto untuk mengamankan dan menjaga keamanan negara dan lembaga kepresidenan. Pangkalan supersemar oleh Letnan Jenderal Suharto untuk membubarkan Partai Komunis Indonesia (PKI) dan mengganti anggota parlemen. Setelah tanggapannya mempersoalkan tanggung jawab Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) di empat majelis umum tahun 1967, Presiden Sukarno dicopot dari jabatannya sebagai presiden dan Suharto menjadi wakil presiden Republik Indonesia pada sidang khusus MPRS yang tahun yang sama.

Soekarno lahir dengan nama Kusno Soekarno. Ayahnya adalah Raden Soekemi Soekarno, seorang guru di Surabaya, Jawa. Ibunya adalah Ida Ayu Nyoman Rai dari Buleleng, Bali. Saat kecil ia tinggal bersama kakeknya Soekarno di Tulungagung, Jawa Timur. Pada usia 14 tahun, seorang teman ayahnya bernama Tjokroaminoto Sukarno diundang oleh pelanggan kami setelah mereka tinggal di Surabaya, menulis dan berlatih di sana bersama Alquran di Tjokroaminoto untuk Hoogere Burger School (Minangkabau). Di Surabaya, Sukarno bertemu dengan banyak pemimpin SI, organisasi Tjokroaminoto saat itu. Soekarno kemudian bergabung dengan organisasi Jong Java (Pemuda Jawa

Pada tahun 1920 Sukarno bersekolah di Sekolah Tinggi Teknik (sekarang ITB) di Bandung dan lulus pada tahun 1925. Di Bandung, Soekarno berinteraksi dengan Cipto Mangunkusumo dan Dr. Douwes Dekker, yang kemudian menjadi ketua organisasi nasional Partai India.

Demikian yang dapat IBI ajarkan pada kesempatan kali ini, semoga apa yang saya ajarkan dapat bermanfaat dan dijadikan bahan pembelajaran bagi sahabat IBI semua.

Sumber :